Friday, July 08, 2005

Sebelumnya, hal ini telah banyak dijelaskan, yakni beberapa makna dan faedah dari kerelaan hati seseorang dalam menerima setiap pemberian atau ketentuan Allah.Namun,kali ini saya akan membahasnya secara lebih panjang lebar utk mendapatkan pemahaman yg lebih baik. Singkatnya,makna sikap ini adalah bahwa anda harus rela hati dan puas dengan setiap pemberian Allah,baik itu berupa raga,harta,anak tempat tinggal ataupun bakat kemampuan.
Sebab itu,berpegang teguhlah kepada apa yang aku berikan kepadamu dan hendaklah kamu termasuk orang yg bersyukur ( QS.Al - A'raf : 144 )

Sebagian besar ulama salafus salih dan generasi awal umat ini adalah orang2 yg secara materi termasuk fakir miskin. Mereka tidak memiliki harta yg berlimpah,rumah yg megah,kendaraan yg bagus,dan juga pengawal pribadi.Meski demikian,mereka ternyata mampu membuat kehidupan ini lebih bermakna serta membuat mereka dan masyarakatnya lebih bahagia,hal itu disebabkan karena mereka senantiasa memanfaatkan setiap pemberian Allah.
Lihatlah betapa banyak Sarjana atau Doktor yg tidak dapat memberi kontribusi,pemikiran,dan pengaruh yg cukup bagi masyarakatnya,tak sedikit manusia yg dgn ilmu dan kemampuannya yg sangat terbatas justru mampu membangun sungai yg senantiasa mengalirkan manfaat,kebaikan,dan kemakmuran bagi sesama manusia.

Jika anda ingin bahagia,maka terimalah dengan rela hati bentuk perawakan tubuh yg diciptakan Allah untuk Anda,apapun kondisi keluarga anda,bagaimanapun suara anda,seperti apapun daya tangkap dan pemahaman anda,serta seberapapun penghasilan anda.

Berikut ini adalah beberapa tokoh terkenal yg kehidupan duniawi mereka kurang beruntung .

1. 'Atha' ibn Rabah,orang yg paling alim pd zamannya adalah budak berkulit hitam,berhidung pesek,lumpuh tangannya,dan berambut keriting.
2. Al-A'masy,ahli hadis kenamaan di dunia ini adalah sosok manusia yg sayu sorot matanya dan seorang mantan budak dan fakir,dan tidak menarik penampilan diri dan rumahnya.
Bahkan Semua Nabi dan Rasul Allah adalah pernah menjadi penggembal kambing.Dan meskipun mereka merupakan manusia pilihan Allah namun pekerjaan mereka tak jauh dari manusia pada umumnya.


Ini Mengisyaratkan kepada kita bahwa harga diri anda ditentukan oleh kemapuan,amal salih,kemanfaatan,dan akhlak anda. Karena itu jgnlah anda bersedih dengan wajah yg kurang cantik.Harta yg tak banyak,anak yg sedikit,dan rumah yg tak megah . Singkatnya terimalah setiap pembagian Allah dengan penuh kerelaan hati.

Kamu telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia ( QS.Az - Zukhruf:32 )
Taken From : La Tahzan ( Jangan Bersedih )

No comments: